Adab Penghafal Al Qur’an

0 Comments


Beberapa adab yang harus diperhatikan oleh para penghafal Al-Qur’an diantaranya adalah :


1. Tidak menjadikan Al-Qur’an sebagai mata pencaharian
Niat yang harus kita tanamkan dalam menghafal Al-Qur’an adalah semata-mata hanya karena mengharap ridho Allah. Bukan untuk urusan dunia atau yang lainnya. Dunia memang sangat menggoda dipandangan, namun hakikatnya semu.
Maka pastikan hafalan kita bukanlah sarana untuk mengejar popularitas, mendapatkan uang, kemudahan beasiswa misalnya ataupun yang lainnya. Karena hal yang demikian akan membuat keberkahan hilang. Percayalah bahwa Allah memuliakan hambanya yang menghafal Al-Qur’an baik di dunia maupun di akhirat. Maka tidak perlu kita menggunakan Al-Qur’an demi urusan keduniaan.
2. Membiasakan diri membaca Al-Qur’an
Seorang penghafal Al-Qur’an harus membangun kedekatannya dengan Al-Qur’an, yaitu dengan membiasakan dan memperbanyak membaca Al-Qur’an. Jadikanlah Al-Qur’an menjadi sahabat, menemani setiap hari, mengiringi langkah kita, dan terus membersamainya dimana pun dan kapan pun.


Membiasakan untuk membaca Al-Qur’an pada waktu sholat malam“Setiap malam ketika telat lewat tengah malam Rabb kalian turun ke langit dunia dan berfirman : “Adakah yang berdoa maka akan aku kabulkan” (HR.Bukhari)

Hadist ini menunjukkan betapa istimewanya waktu malam tersebut. Sesungguhnya nilai lebih shalat malam dan bacaan Al-Qur’annya adalah karena ia menyatukan hati, menjauhkannya dari kesibukan-kesibukan lain, dari kelalaian dan memikirkan kebutuhan, lebih menjaga dari riya dan semacamnya yang menjadikan amalan sia-sia.


3. Mengulang hafalan Al-Qur’an dan menghindari lupa“Ulang-ulanglah Al-Qur’an ini. Demi dzat yang jiwa Muhammad berada di tanganNya, ia lebih cepat lepas dari pada unta dalam ikatan” (HR. Bukhari dan Muslim)
Hadist yang sangat mahsyur ini mengingatkan kita. Bahwa setelah mengahafal tugas kita akan lebih berat lagi, yaitu mempertahankan hafalan kita agar tetap berada dalam ingatan. Untuk itu maka penghafal Al-Qur’an harus senantiasa mengulang (muroja’ah) hafalannya. Namun hal ini sering kali dilupakan oleh para penghafal Al-Qur’an.


Sumber : www.islampos.com


〰〰〰〰〰〰〰〰

Ingin tau pesan-pesan selengkapnya? Check this out!📞 Contact Person : 0857-7519-0504📱 Instagram : @alhikmahbogor🎞 YouTube : Al-Hikmah Official🔖 Facebook : Pesantren AlHikmah Parung
#marimembacaalquran #indonesiamenghafal #indonesiamurojaah #pesantren#pesantrenalhikmahbogor #hafidzindonesia #hafidz30juz #30juzhargamati #supermanzil

Categories:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *